Jumat, 09 September 2011

Tingkatan Kyu dan Sabuk Perguruan Amura Karate-Do Indonesia

Kyu merupakan tingkatan dalam beladiri terutama Karate. dengan adanya Kyu seorang Karate-ka bisa terlihat dari Skill dan kemampuan tehnik Karate. Minumal untuk Kyu yang di dapatkannya, berarti dia mampu melakukan tehnik tertentu. Kyu di dapat dari pelatihan dan penyesuain Kyu. melalu berbagai pelatihan tentang tehnik dasar atau lanjutan. Dalam suatu waktu keterampilan itu dapat di uji dan akan merubah kedudukan Kyu seorang Karateka, jika di nilai layakj untuk diturunkan kepada Kyu yang lebih tinggi derajatnya. 



Kyu  diidentikan dengan warna sabuk. Seorang tingkat pemula dan baru masuk ke dalam lingkungan Karate, menyandang Kyu 10 kyu. Kyu ini  menggunakan sabuk warna putih. Seorang pemula akan dilatih tentang dasar-dasar karate, filosofis dan sejarah serta makna karate. selam kurun waktu tertentu misalnya sampai empat bulan diadakan penyesuain sabu. Jika dalam kegian Ujian atau penyesuaian tersebut melaksanakan kegiatan dengan baik dan lulus dari ujian maka Kyu akan berubah menjadi kyu lebih rendah dengan kwalitas lebih tinggi, dari kyu 10 menjadi Kyu 9. dengan sabuk Putih menjadi sabuk kuning. begitulah seterusnya sampai tingkatan yang paling tionggi yaitu Dan dengan Sabu hitam.

Untuk mengetahui lebih lanjut tingkatan Kyu dan warna sabuk di Lingkungan Amura Karate - Do adalah sebagai berikut..
Tingkat Kyu / DAN dan Warna Sabuk :
Kyu 10 : Warna Sabuk Putih
Kyu 9 : Warna Sabuk Kuning
Kyu 8 : Warna Sabuk Orang
Kyu 7 : Warna Sabuk Hijau
Kyu 6 : Warna Sabuk Biru
Kyu 5 : Warna Sabuk Ungu
Kyu 4 : Warna Sabuk Ungu stripI
Kyu 3 : Warna Sabuk Coklat strip putih I
Kyu 2 : Warna Sabuk Coklat strip II
Kyu 1 : Warna Sabuk Coklat strip II
DAN I Keatas. : Warna sabuk Hitan

Tingkatan Kyu dan warna sabuk ini di ambil dariAd/ART perguruan Amura Karate-Do Indonesia.
Sabuk dan tingktan Kyu, mencerminkan Kemampuan seorang karate, namun sebenarnya tingkatan tersebut harus diikuti dengan tingkah laku sikap kepribadian yang luhur. berbudi pekerti luhur. yang mencerminkan nilai--nilai karate.
Orang akan lebih segan dengan tingkah laku dan kepribadian yang baik apalagi dengan melihat  tingkatan dan warna sabuk, orang akan lebih hormat dan menyimpan rasa simpatik.



7 komentar:

  1. Informasi yg sangat bermanfaat.... Oss

    BalasHapus
  2. ossh!!
    bukanya sekarang cuman ada
    sabuk Putih, kuning, hijau, biru, coklat, dan1 ??

    BalasHapus
  3. @ Raka, tingkatan dan warna sabuk dalam karate tergantung dengan AD/RT perguruan masing2, di AMURA sendiri sesuai dengan AD/RT ad 10 tingkatan Kyu.

    BalasHapus
  4. kami ingin mengembangkan karate AMURA karatedo Indonesia di Denpasar , sebelumnya saya karate non aktif di salah satu perguruan shotokan Dan III dan sempat menjadi pengurus forki ,bagaimana persyaratannya trims

    BalasHapus
  5. Osu terimah kasih sensei/senpai sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  6. Osh sensei, mau nanya Aliran perguruan AMURA apa ya?

    BalasHapus