Jumat, 02 Maret 2012

PENGERTIAN DIBALIK SYMBOL-SYMBOL KARATE

Logo  Amura Karate-do Indonesia, Mempunyai pengertian sebagai berikut. Lambang AMURA berupa lingkaran putih kecil yang berada didalam lingkaran merah besar dimana. Puncak lingkaran putih bertemu dengan puncak lingkaran merah besar sehingga membentuk bulan sabit berwarna merah.  Arti lambang AMURA tercantum pada AD/ART BAB IV Lambang dan bendera Pasal 8 adalah sebagai berikut : 
  1. Lingkaran berwarna Putih melambangkan Hati yang bersih  
  2. Bulan Sabit berwarna merah melambangkan semangat juang yang tinggi , dengan berdasarkan kebenaran hakiki, perdamaian & kemanusiaan 
  3. Warna Putih melambangkan kesucian  & Warna Merah melambangkan keberanian 
  4. Bentuk bulat yang tidak terputus melambangkan persatuan dan kesatuan



Logo atau lambang Amura mungkin diilhami oleh beberapa perguruan karate dunia. Menurut hemat saya hampir semua lambang-lambang perguruan atau aliran suatu perguruan karate mempunyai bentuk yang hampir sama terutama karate yangh mempunyai hubungan dengan Aliran Shotokan, yaitu  dengan bentuk lingkaran besar lalu di dalamnya ada lingkaran yang lebih kecil. 

Hampir semua perguruan Karate di  Indonesia mempunyai lambang dengan dasar  seperti itu. Coba amati logo Perguruan Lemkari, pada lambang lemkari terdapat sebuah lingkaran besar dan di dalamnya   lingkaran kecil dengan gambar Tora no maki (Harimau) menghias dalam lingkaran kecil tersebut. Begitu juga dengan lambang-lambang perguruan lainnya. Seperti INKAI, Inkanas, Inkado, Wadoryu   International, wadokai, Amura. Beberapa aliran karate yang ada di dunia menggunakan lambang seperti itu antara lain JKA -Japan Karate association, terutama yang mempunyai hubungan dengan Shotokan. 


  
Menurut beberapa literature di internet. Simbol-simbol seperti itu mengadopsi falsafah budaya jepang. Bentuk itu di sebut In’-Yo, sama dengan Yin-yang dalam budaya China.
Simbol In-Yo
Dalam symbol tersebut di presentasikan dengan lingkaran besar  sebagai matahari dan bulan.  Lingkaran tersebut bisa melambangkan, Bulan dan matahari, bumi dan surga, jagat raya dan alam, rohani dan jasmani. Dan berbagai unsur alam yang merepresentatifkan antara dua kekuatan. Dalam kebudayaan China,  Yin-Yang digambarkan sebagai sebuah filosofi hidup yang menunjukkan bagaimana segala sesuatu terjadi. Yin-Yang memiliki makna. Lingkaran luar dalam simbol Yin-Yang menunjukkan “everything”, maksudnya keseluruhan yang ada di dunia. Kemudian Yin (Black) dan Yang (White) keduanya merupakan simbol segala sesuatu yang tak terpisahkan. Memang tidak akan pernah terjadi hitam dan putih secara bersamaan. Namun ada saatnya terjadi hitam dan ada saatnya terjadi putih. Sebuah prinsip keseimbangan yang saling mengisi dan melengkapi.
  • Yin (Black) memiliki arti dark, passive, downward, cold, contracting and weak (bisa diartikan sebagai segala unsur negatif di alam).
  • Yang (White) memiliki arti bright, active, upward, hot, expanding and strong (bisa diartikan sebagai segala unsur positif di alam).
Simbol Yin-Yang
Kedua hal ini saling mengisi. Di saat kita kekurangan unsur positif, unsur negatif dari Yin akan mengisi kekosongan. Begitu pula sebaliknya. Sebab segala sesuatu yang terlalu berlebihan tidak baik. Jadi harus diseimbangkan.

Yin yang dalam budaya China sedang In – Yo dalam budaya jepang, mempunyai pengertian yang sama. Dengan demikian bisa saja simbol tersbut di gunakan dalam berbagaialiran karate, dengan jiwa seperti itu. Beladiri harus mampu menyeimbangkan antara kekuatan yang ada dalam diri kita derngan kekutan yang berada di luar tubuh manusia.  

3 komentar: